Wifi di Negeri Sendiri

nunggu update

Kota-kota besar di Indonesia pada umumnya sudah banyak menyediakan fasilitas wifi (internet nirkabel) atau banyak juga yang menyebutnya “hotspot”. Biasanya fasilitas ini bisa dinikmati dengan gratis, tapi tidak jarang penyedianya memberi pasword agar bisa terhubung. Heran, di luar sana fasilitas wifi itu sudah seperti tempat sampah umum atau bangku taman yang bisa dinikmati siapa saja yang mempunyai akses. Di sini? hmm..

Fasilitas wifi ini banyak kita temui di pusat perbelanjaan, cafe, kampus, daerah wisata, bahkan di Yogyakarta ada angkringan yang meyediakan fasilitas internet gratis ini.
Ada banyak kegunaan wifi, contohnyaย  memudahkan kita/masyarakat mengakses informasi luas yang tersedia di internet sehingga kita jadi lebih pintar.

Kalau bagi pecinta traveling, fasilitas ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan. Pernah ada teman yang mencari hostel/penginapan di luar negeri tidak mau pesan kalau tidak ada wifi-nya. Alasannya,”nanti susah kalau mau narsis di facebook sama twitter” katanya cuek. ok..
Teman-teman backpacker dari luar negeri sana juga ternyata amat bergantung pada fasilitas wifi ini. Dengan gadget mereka yang cangih-canggih, mereka merasa sudah nyaman berada di manapun yang ada wifinya. Bukannya tidak bisa akses internet melalui kartu seluler, tapi dengan wifi kan bisa gratis. Membuka aplikasi yang membutuhkan paket data besar seperti buka peta tidak lagi membutuhkan dana khusus. Gratis.

Begitu juga dengan Lex, di luar atau di negeri sendiri tetap berburu wifi. Selain internetnya lebih cepat dari kartu seluler miliknya, juga lebih irit baterai. Di kamar hostel di Kamboja, sambil tiduran nonton tv kabel bisa nyambi update ios terbaru di hp nya.
Beberapa hari lalu, dia juga baru update ios 6 menggunakan wifi di salah satu foodcourt mall. Sebelumnya sudah dicoba update via itunes di laptop pake internet speedy. Dua hari selama tujuh jam, hasilnya nol besar. Download selalu cuma sampai sekitar 30% saja. Padahal sudah pakai itunes terbaru (10.7). Salah siapa..ini salah siapa? ๐Ÿ™‚

Karena penasaran, sepulang kerja Lex mampir di salah satu mall yang internet wifi-nya lumayan kencang. Meski badan dan pikiran telah lelah membanting tulang, demi update ios terbaru hp kesayangannya, semua hilang sudah. Dari sumber dan milis yang dia baca-baca mengenai ios terbaru ini sangat menarik. Banyak fitur barunya yang buat penasaran. Bahkan pihak apple mengklaim, ios 6 sebagai ios terbaik yang pernah mereka buat. Gila bukan…
Dia tahu kalau proses update ini tidak sebentar. Daripada tidak enak hati sama yang empunya foodcourt kalau mau pakai wifi-nya secara cuma-cuma atau mungkin dia takut diusir karena dianggap parasit, jadilah Lex memesan segelas jus segar. ๐Ÿ˜€

Setelah menyeruput jus segar, dia mengeluarkan hp kesayangannya dan mulai membuka aplikasinya. Lex menyentuhnya dengan hati-hati dan penuh kasih sayang. Pertama, dia membuka menu setting, kemudian menu General langsung ke menu software update. Kemudian gantian sekarang hp yang mulai bekerja mencari di internet update terbaru (ios 6). Kolaborasi yang romantis bukan.. ๐Ÿ˜€

Kemudian mulailah si hp dan si wifi berkolaborasi mengunggah (download) si ios 6 yang menawan.

NB.Sebelum memulai update, pastikan baterai hp lebih dari 50%. Atau lebih baik update sambil charger hp nya.

Setelah ditunggu hampir satu jam, jalur download berhenti hampir di ujung proses loading (gambar di atas). Tadinya proses download berjalan lancar. Sekarang seperti tidak bergerak sama sekali. Dulu waktu update ke ios 5 rasanya tidak seperti ini. Karena penasaran atau mungkin tidak sabar, Lex memutuskan koneksi wifi-nya. Kemudian menghubungkannya lagi untuk mendownload ulang. Proses download tidak lagi dari awal, tapi dari sekitar 70% proses download. Setelah hampir selesai, prosesnya lagi-lagi berhenti di hampir ujung proses.
Lex mulai geram, kali ini dia merestart hp nya. Kemudian mengulang lagi download. Hasilnya sama lagi, di mulai dari 70% dan tidak selesai. Kepalanya mulai nyut-nyutan, jantungnya berdetak kencang dan dia berlari ke toilet.
Sekali lagi dicobanya, hasilnya tetap sama. Hufftt…. ๐Ÿ™
Karena jus segarnya juga sudah habis, Lex memutuskan untuk pulang saja. Tapi dia tidak meng-cancel proses download, berharap pihak apple di Amerika sana mengetahui jerih payahnya demi menikmati kecanggihan ios 6 dan proses update tetap berjalan.

Sesampainya di rumah, keajaiban pun terjadi pada hp kesayangannya. Di layar ada tulisan kalau proses download telah berhasil dan akan otomatis di install jika di charger. Senangnya bukan main. Rasanya seperti waktu kecil dulu ketika baru dapat mainan baru. Senang, puas dan bangga. hehe..
Dan semuanya berjalan bagaimana seharusnya. Lex senang, si hp baik-baik saja, si ios terbaru mendarat sukses. Selamat datang ios 6..

Sampai sekarang tidak ada kendala pada hp-nya dengan ios 6. Fitur-fitur berfungsi dengan baik, baterai sedikit lebih irit, aplikasi jadi lebih cepat, kunci otomatis berjalana sebagaimana fungsinya, tidak pernah mati tiba-tiba. Puas.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*