Lima Kota yang Buat Bangga Jadi Indonesia


Nias, Sumatera Utara

Ombak di Pulau Nias sudah terkenal sampai seantero dunia. Peselancar dari belahan dunia, sudah banyak yang mencicipi dahsyatnya ombak di sini.
Biasanya pantai ini akan ramai dikunjungi turis dari Bulan Juni sampai September, karena ombak lagi tinggi. Tapi bukan Tsunami lho ya šŸ˜‰ ombak nias

Tinggi ombak kisaran 4 meter, jadi tidak disarankan untuk peselancar pemula. Hanya untuk yang berpengalaman saja.

Daerah yang sering dikunjungi biasanya Pantai Sorake dan Teluk Lagundri.

 

Selain selancar, Nias juga terkenal dengan adat loncat batu. Kegiatan ini bahkan menjadi gambar di salah satu nilai mata uang Indonesia yaitu Rp.1.000 tahun 1992.

Dulunya ritual loncat batu merupakan latihan perang agar para pemuda dapat meloncati pagar desa musuh. Sekarang, dilakukan oleh pemuda Nias untuk mendapatkan pengakuan sebagai pria dewasa sehingga diijinkan berperang (sudah jarang sekali) dan menikah.

Untuk dapat melihat atraksi ini, para pemuda bersedia dibayar sekitar Rp.150.000-200.000 untuk dua kali loncat.
Letaknya berada di Bawomataluo, sekitar 15 Km dari Teluk dalam.loncat nias

Banyak penerbangan menuju Gunungsitoli (Ibukota Nias), jadi tidak usah khawatir atur jadwal šŸ˜‰

Tempat menginap yang disarankan di daerah Pantai Sorake, Teluk Langundri. Pemandangannya bagus.

 

 

Parapat, Sumatera Utara

danau-tobaAda apa di Parapat?

Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh pemuda masa sekarang. Bahkan turis mancanegara juga banyak yang tidak tahu kalau Danau Toba merupakan salah satu danau terbaik di dunia.

Padahal dulu Parapat merupakan salah satu primadona wisata Indonesia seperti Bali. Buktinya anak-anak kecil di daerah parapat banyak yang menguasai Bahasa Inggris karena banyaknya wisata asing yang berkunjung.
Danau Toba dan Pulau Samosir perpaduanĀ karya alam yang sangat eksotis. Danau ini menduduki peringkat dua terbesar di dunia lho.

Sempat terabaikan, tapi sekarang Parapat mulai bangkit kembali karena dukungan penuh dari Pemerintah. Sarana dan prasarana mulai ditingkatkan.

 

gale galeMulai banyak inovasi-inovasi yang dikembangkan agar tempat iniĀ kembali mencuri perhatian dunia.

Wisata potensial adalah atraksi-atraksi budaya seperti si gale-gale, patung yang dibuat menari. Pemandangan alamnya juga sangat indah. Banyak yang mengatakan, kalau sudah mengunjungi Danau Toba pasti suatu saat akan kembali lagi.

Penasaran?

Buktikan sendiri bagaimana Indahnya Danau Toba.

Penginapan yang direkomendasikan yang menghadap atau membelakangi Danau Toba.

 

 

 

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Banyak yang mengklaim keindahan alam bawah laut Wakatobi adalah yang terindah di dunia.Wakatobi Bagaiamana tidak, letaknya berada di segitiga terumbu karang yang memiliki sekitar 396 jenis terumbu karang dan 590 jenis ikan. Ini merupakan jumlah yang sangat banyak.

Tempat ini merupakan surga untuk snorkeling dan diving. Keindahan pemandangan bawah lautnya didukung oleh keanekaragaman makhluk hidup yang menghiasinya.

 

Pada tahun 1996, Wakatobi dinobatkan sebagai Taman Nasional Laut yang dilindungi Pemerintah. Hal ini menjadikan perairannya tetap masih sangat terjaga.

Perairan yang berada tidak jauh dari daerah Wangi-Wangi, di sebelah timur, merupakan lintasan sekumpulan lumba-lumba yang mencari makan. Kadang kala lumba-lumba betah seharian di daerah itu. Menyaksikan ratusan lumba-lumba bercengkrama di laut merupakan pengalaman yang luar biasa. Must Try!

dive wakatobi

Disarankan mengunjungi Wakatobi antara Bulan April dan Juni serta antara Bulan Oktober hingga Desember. Selain waktu tersebut, biasanya ombaknya cukup besar dan terlalu beresiko untuk melakukan perjalanan.

Paling tidak siapkan waktu seminggu untuk dapat pengalaman yang memuaskan dan juga karena perjalanan yang panjang.
Rutenya dapat ditempuh dengan pesawat menuju Makasar dan di lanjutkan ke Wangi-Wangi.

 

 

Blitar, Jawa Timur

candi-penataranSalah satu kerajaan terbesar di Indonesia, Kerajaan Majapahit memiliki kekuasaan yang sangat luas. Bahkan dulunya sebagian negara di Asia Tenggara merupakan kekuasaannya. Sisa-sisa kejayaan Majapahit dapat dilihat di Blitar, Jawa Timur. Di sini tedapat Kompleks Candi Hindu terbesar di Jawa Timur, yaitu Candi Penataran. Dikenal juga dengan Candi Palah. Letaknya di kaki Gunung Kelud, Desa Panataran, Kecamatan Nglegok.

 

Candi ini dibangun selama lebih dari dua abad. Konon katanya di sinilah tempat penyimpanan abu jenazah Ken Arok, pendiri Kerajaan Singasari dan Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit.

 

Sekarang dijadikan tempat pemujaan dan berbagai upacara adat. seruling penataranSalah satu yang terkenal adalah Seruling Penataran. Yaitu pagelaran saat malam purnama dan digelar empat kali dalam setahun. Acaranya bagus, sayang untuk dilewatkan mengingat budaya Majapahit yang sudah tersohor sampai ke mancanegara.

Wisata budaya seperti ini tidak kalah jika dibandingkan dengan tempat-tempat lain di seluruh dunia. Karena bukan cuma menyuguhkan peninggalan budaya, tapi juga menyajikan atraksi adat yang dapat mengisi hati dan kenangan kita.

Cukup mudah untuk menemukan tempat ini. Dapat ditempuh dengan bus dari beberapa kota besar di Jawa Timur.

Ada wisata unik yang ditawarkan salah satu Hotel berbintang, yaitu dinner romantis atau bersama keluarga di kawasan candi. Dengan pengaturan cahaya dan tampilan yang cantik.

 

 

Pontianak, Kalimantan Barat

Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang membentang dari Timur ke Barat. Dari beberapa tempat yang dilewati garis khatulistiwa ini, cuma Pontianak satu-satunya di dunia yang berada tepat di garis Khatulistiwa.

Equator Monument

Di sini, setiap dua tahun sekali yaitu sekitar tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, terjadi fenomena alam yang unik dan langka. Namanya Kulminasi matahari. Dimana posisi matahari tepat berada di atas kepala, sehingga benda yang berdiri tegak seperti tidak ada bayangan. Padahal siang bolong.

Fenomena ini berada di Tugu Khatulistiwa tepatnya di Jalan Khatulistiwa, Kelurahan Siantan, Kecamatan Pontianak Utara. Dari Pusat kota kurang lebih setengah jam dengan berkendara.

Banyak atraksi budaya dan wisata yang diselenggarakan di tempat ini. Seperti menyalakan sumbu kembang api dengan sorotan sinar matahari melalui kaca cembung, petunjukan tari tradisional yang menarik, menyajikan aneka kuliner yang enak-enak hingga lomba mendirikan telur sebanyak mungkin.

 

singkawang cap go mehSelain Pontianak, Kalimantan Barat juga mempunyai andalan wisata yang cukup terkenal.

Namanya Singkawang, dapat ditempuh selama 3 jam berkendara. Terkenal dengan pantainya yang cantik dan atraksi wisata yang menarik. Setiap tanggal 15 bulan pertama penanggalan China akan diselenggarakan acara Cap Go Meh. Dimana setiap penjuru kota akan dihiasi ornamen etnis China dan jangan lewatkan aneka kuliner China yang lezat di jalan Setiabudhi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*