Faktanya, Liburan Bersama Anak Itu Harus!


Kenangan bahagia ketika liburan akan tersimpan di memori otak anak dan kenangan itu akan membantu mereka melewati masa sulitnya. Jadi liburan tidak hanya meghilangkan stres saja..

 

Berikut ini ulasan singkat alasan pentingnya liburan keluarga bagi anak anda :

Biaya Untuk Liburan Lebih Baik daripada Membeli Mainan

Keseruan anak dengan mainannya tidak akan membuat anak dekat dengan orangtuanya. Biar mahal, tetap saja anak akan segera menuju titik bosannya.

Momen kebersamaan orang tua dan anak akan selalu mereka kenang. Liburan juga bermanfaat untuk membentuk jalinan erat antar anggota keluarga.

Anda akan memiliki waktu untuk saling mengobrol tentang banyak hal, tanpa terganggu tenggat pekerjaan, atau tagihan rumah tangga. Momen liburan akan membuat keluarga Anda menjadi lebih dekat satu sama lain. Dan manfaatnya akan jauh terasa melebih mainan yang hanya berfungsi mengalihkan perhatian sesaat.

 

Liburan Berperan Penting Bagi Pertumbuhan Otak Anak

Seorang ahli psikoterapi anak di Inggris mengatakan, “Banyak yang tidak tahu bahwa liburan juga bermanfaat bagi perkembangan otak anak. Hal ini membawa pertumbuhan dan kedewasaan pada lobus frontal, yakni bagian otak yang terlibat dalam fungsi kognitif, kecerdasan sosial, dan kemampuan untuk fokus. Hal-hal ini akan bermanfaat selama hidup”.

Saat pergi menjelajah berbagai tempat selama liburan keluarga, di alam bebas atau di kota wisata, Anda mengaktifkan beberapa area penting di otak. Terutama area dimana ‘bermain dan mencari’ berada, yang biasanya tidak terlatih saat berada di rumah.

Baca juga : Cewek traveling sendirian? Ini resepnya!

Anak-anak Juga Butuh Refreshing

Survey yang pernah dilakukan pada tahun 2015 yang terdiri dari 754 orang anak menghasilkan, 79% anak usia 8-14 tahun menyatakan bahwa mereka sering mengalami stres.

Sedangkan, 77% anak melaporkan bahwa mereka tidak merasakan stres ketika orangtuanya cuti kerja dan menghabiskan waktu bersama mereka.

Menurut rekomendasi survey tersebut, orangtua yang ingin membantu anaknya mengurangi stres, sebaiknya mempertimbangkan untuk pergi jalan-jalan di hari libur.

Hubungan baik muncul dari interaksi sederhana bersama keluarga, di tengah keadaan santai yang tidak membuat stres.

 

Kenangan Ketika Liburan Berperan Penting Pada Kebahagian Anak

Family Holiday Association (salah satu lembaga nasional) yang berada di Inggris, membantu keluarga tak mampu untuk pergi liburan.

Lembaga ini pernah melakukan sebuah penelitian yang memberi pencerahan pada manfaat jangka panjang dari liburan keluarga. Hasilnya, 49% kenangan paling bahagia orang-orang di Inggris yang mereka survey adalah kenangan liburan bersama keluarga.

Sepertiga dari para objek yang disurvey mengatakan, mereka masih bisa mengingat jelas kenangan liburan keluarga yang ia alami saat masih kecil. Yang lebih menarik, seperempat dari mereka mengaku menggunakan memori tersebut untuk membantu melewati masa-masa paling berat dalam hidup.

 

Mengambil Foto Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia

Ternyata, kegiatan mengambil foto dapat menimbulkan kebahagiaan. Tapi tetap dengan batas yang wajar dan tidak mengganggu momen bahagia ketika liburan.

 

Happy Traveling 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*