Di Sini Wisata Bali yang Masih Tenang dan Indah


Pernah dengar ada orang Indonesia ngomong “Bali bosen, gitu-gitu aja…”

Mungkin beberapa kali ke Bali nongkrongnya ya di situ-situ aja seperti kuta, Jimbaran atau Dreamland. Tempat seperti ini atmosfernya ya kurang lebih sama. Keindahan pantai dan dunia malam. Gambarannya hampir semua orang tahu.

Kalau memang haus dengan suasana beda tapi maunya di Bali (biar keren) cobalah eksplor wisata lainnya yang banyak ditawarkan. Ada arum jeram, jelajah hutan, makan durian atau eksplor pantai yang masih sepi, hening tapi indah.

Salah satu yang menarik untuk dicoba adalah eksplor Pulau Lembongan dan Ceningan. Kedua pulau ini jaraknya berdekatan dan dihubungkan dengan jembatan besi yang dapat dilalui satu sepeda motor saja. Siapkan uang yang cukup sebelum ke pulau, karena Atm masih jarang di sana. Tapi beberapa hotel sudah menyediakan pembayaran dengan kartu debit/kredit.

Perlu diperhatikan, Bali itu waktunya lebih cepat 1 jam dari waktu di Jakarta. Jadi sesuaikan dan persiapkan waktu dengan baik selama di sana. Jangan sampai telat naik pesawat karena asumsi jam masih waktu asal.

Enaknya di Bali untuk turis lokal adalah harga yang lebih murah dari pada turis asing. Bisa beda setengah harga lho! Tapi kalau kita merasakan di posisi mereka ya kadang tidak enak juga. But, it’s time for fun right?

 

jadwal kapal nusa lembonganMenuju Lembongan dapat melalui Denpasar kemudian naik taksi menuju Sanur dan masuk dari samping Hotel Inna Beach Sanur. Di belakang terdapat beberapa loket untuk membeli tiket kapal ke Nusa Lembongan. Harganya sekali berangkat sekitar Rp.100.000-Rp.175.000,-/orang untuk turis asing dan Rp.75.000/orang untuk turis lokal. Tuh kan 😉
Baiknya beli tiket paling cepat 20 menit sebelum berangkat, takut kehabisan.

Ada dua rute yang tersedia, yaitu Sanur-Jungut Batu dan Sanur-Mushroom bay. Mushroom bay cocok untuk yang ingin perjalanan pulang pergi di hari yang sama, karena jadwalnya lebih banyak. Sedangkan Jungut Batu cocok untuk yang ingin menghabiskan beberapa hari di sana. Disarankan untuk memakai celana pendek karena naik ke kapal kadang harus sedikit nyebur di pantai.

 

Perjalanan menuju Jungut Batu hanya sekitar 30 menit dengan kapal cepat, baiknya simpan dulu semua bacaan dan gadget kemudian nikmatilah pemandangannya.

 

lembongan hotelsDi pulau Lembongan ini sudah banyak model penginapan dari yang budget sampai yang mewah. Dulunya hanya tersedia model budget karena masih sepi dan seringnya dikunjungi surfer saja. Sesuaikan budget dan bandingkan harga dengan situs-situs penyedia hotel/hostel atau langsung pesan di lokasi juga bisa. Ada juga tempat penyewaan sepeda motor untuk keliling pulau, harganya sekitar Rp.100.000/hari. Untuk ikut paket keliling pulau mengendarai mobil biayanya sekitar Rp.150.000 dengan durasi sekitar 2 jam.

 

Mulai mengeksplor dapat mengunjungi “panorama point”. 

panorama point

 

Tempat ini merupakan titik tertinggi di pulau. Dari sini dapat terlihat jelas keindahan pantai Jungut Batu dan sekitarnya. Sambil duduk berleha-leha dengarin musik emang pas di tempat-tempat seperti ini. Kesannya seperti bebas lepas. Kalau mau foto-foto juga bebas. Kalau mau bersantai sambil makan dan minum juga seru di restoran yang ada di sekitar.

 

 

 

dream beach

Tempat lain yang tidak kalah bagus adalah Dream Beach. Di pantai ini banyak terlihat ibu-ibu menjinjing ikatan rumput laut, yang merupakan mata pencarian utama di pulau ini. Penduduk lokal masih sangat ramah dan mudah menebarkan senyum. Seperti ciri khas penduduk desa di Indonesia pada umumnya. Keindahan pantai dan keramahan warga membuat suasana bertambah hangat di hati.

Sekitar 50 meter dari pantai, ada tempat yang sangat bagus untuk menikmati sunset. Tebing di atas pantai dan beberapa percikan ombak yang terhantam karang berhamburan di bibir tebing. Ambil waktu sejenak untuk duduk di sini mendengarkan deburan ombak, luar biasa.

 

Setelah puas, kita dapat meneruskan perjalanan menuju jembatan penghubung Lembongan ke Ceningan. Jembatan ini berwana kuning mencolok. Mungkin dimaksudkan untuk keindahan seni. Hanya dapat dilalui oleh satu motor atau berjalan kaki.
Di Nusa Ceningan ada satu tempat yang bernama Jumping Point di Blue Lagoon.
Sesuai dengan namanya, di sini tempat orang-orang menguji nyali dengan lompat dari tebing dengan ketinggian 13 meter ke dalam lautan yang memang indah berwarna kebiruan. Yang paling sering dan memang nekat adalah wisatawan asing. Tidak tahu kenapa, hampir di setiap tebing yang bawahnya laut di manapun di penjuru dunia, mereka sukanya lompat nyebur ke bawah. Bukan seperti di Pulau Tidung lho ya. Ini tebing, jadi lebih menantang.

lagoon

Menurut penduduk lokal, sebenarnya lompat di sini cukup berbahaya. Sudah ada beberapa yang terluka. Bagaimana tidak, laut di bawahnya memiliki batu karang yang cukup banyak. Salah tempat pendaratan, bisa lain rasanya. Kalau memang ragu, mending tidak usah dipaksakan nyalinya. Uji nyali di tempat lain saja, atau di televisi 😀

 

Di Lembongan, juga ada wisata hutan Bakau.

mangrove lembongan
Terletak di sebelah utara Lembongan. Di pinggiran pantainya ada beberapa warung yang menawarkan trip keliling hutan dan menyewa alat snorkling. Pilihan perahunya ada yang agak besar dan ada yang kecil dengan cara di dayung. Untuk menikmati benar-benar suasana hutan Bakau, sebenarnya lebih enak dengan kapal dayung. Nyanyian burung, percikan air dan suara-suara alam lainnya sungguh indah untuk dinikmati. Kalau pantai dalam keadaan surut, kita dapat berjalan kaki menyebrang menuju pulau-pulau kecil yang ada di dekatnya.

Pilihan lain untuk menikmati pulau ini adalah dengan berleha-leha di pinggiran pantai atau mengunjungi beberapa beach club, tempat berenang yang sangat asik. Di sini biasanya tidak ada minimum order untuk dapat berenang di beach club. Hanya dengan memesan makanan atau minuman seadanya juga diijinkan masuk dan berenang. Jangan takut atau malu untuk masuk mencoba beberapa beach club. Pilihan pemandangan dan fasilitas sangat banyak. Yang penting tetap jaga perilaku sopan dan buang sampah di tempatnya.

lembongan activitieslembongan night

 

Happy Traveling

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*